Minggu, 31 Agustus 2008

TYRANNOSAURIDA ( KELUARGA TYRANNOSAURUS )

Tyrannosaurus yang panjang nya 12 meter dan tingginya 6 meter menjadi ancaman di benua Amerika Utara pada akhir zaman dinosaurus. Sejauh ini, 15 spesimen Tyrannosaurus ditemukan dalam keadaan yang cukup lengkap. Dari situ, kita mendapatkan gambaran binatang besar itu. Namun, tetap ada perdebatan tentang cara hidup mereka. Beberapa ilmuwan menganggap mereka sebagai pemburu aktif. Mereka menyergap dinosaurus berparuh bebek, pemakan tumbuhan besar pada saat itu, kemudian menyerangnya didalam kelebatan hutan. Para ilmuwan lain bersikeras, mereka terlalu besar untuk aktifitas semacam itu. Menurut para ilmuwan itu, Tyrannosaurus mencari bangkai binatang yang sudah mati.



Daspletosaurus dari Amerika Utara sama dengan Tyrannosaurus, tetapi sedikit lebih kecil. Kepalanya berat dengan gigi yang lebih besar, tapi lebih sedikit.



Alioramus yang panjangnya 6 meter adalah tyrannosaurida ukuran menengah dari asia. Alioramus memiliki tengkorak yang panjang dengan tonjolan-tonjolan danujung-ujung runcing di atasnya.



Nanotyrannus dari Montana,Amerika Serikat, adalah yang terkecil, karena panjangnya hanya 4 meter. Para ahli meragukan binatang yang satu ini. Beberapa ahli menganggap Nanotyrannus sebagai Albertosaurus kecil, tetapi tengkorak yang dapat di pelajari tentunya berasal dari binatang dewasa.

Tidak ada komentar: